Alat Ini Mampu Mengakhiri Periode Krisis Air Bersih

Posted on Dibaca : 8

Dilansir oleh National Geographic Indonesia, seorang ilmuan di Texas berhasil melakukan penelitian untuk mengkonsumsi air dari Laut Mati. Ia berhasil menciptakan generator uap surya yang dapat menghasilkan air minum bersih dan aman dikonsumsi, bahkan air dari Laut Mati. Seperti namanya, alat ini menggunakan bantuan sinar matahari serta hidrogel. Hidrogel adalah gel yang dapat memurnikan air.

Ilmuan dari Texas tersebut juga menjelaskan bagaimana energi matahari dapat menggerakkan penguapan air pada generator uap surya, yakni dengan meletakkan wadah berisi air kotor di bawah sinar matahari. Di atas air itu, sang ilmuan meletakkan evaporator (alat penguapan) yang sudah diberi hidrogel. Dengan bantuan sinar matahari, uap air akan muncul dari permukaan hidrogel dan ditangkap oleh kondensor transparan untuk menyimpan air yang telah dimurnikan.

Saat ini ada satu dari sembilan orang yang kesulitan mendapat air bersih. Jumlah ini akan semakin meningkat dalam dua dekade mendatang. Bahkan PBB sudah memperkirakan bahwa pada tahun 2050, satu dari empat orang di dunia akan memiliki akses terbatas untuk memenuhi kebutuhan air tawar dan air bersih. Oleh karena itu, hasil dari penelitian ilmuan dari Texas ini diharapkan dapat segera diterapkan untuk air tercemar lainnya di seluruh dunia, sehingga periode krisis air bersih di dunia dapat segera diakhiri.