Air Putih, Si Segar yang Banyak Manfaatnya

Posted on Dibaca : 9

Hallo sahabat Rinnai!! Ternyata air putih sangat baik untuk kesehatan loh. Namun, manfaat air putih untuk tubuh ternyata tidak hanya berkaitan dengan kesehatan ginjal. Banyak manfaat lain dari air putih, seperti bermanfaat untuk melumasi sendi hingga menjaga kesehatan otak. Menurut ahli Gizi disarankan dalam sehari bagi pria dewasa untuk meminum sebanyak 2,6 liter (sekitar 10 gelas) dan bagi perempuan dewasa sebanyak 2,1 liter (sekitar 8 gelas), hal itu berguna untuk mengoptimalkan fungsi kerja tubuh. Jika Sahabat terlalu sedikit atau terlalu banyak minum air putih, manfaat tersebut justru dapat berkurang, dan malah membawa dampak negatif untuk kesehatan Sahabat loh, berikut ini adalah 15 keuntungan dari mengkonsumsi air putih.

Baik untuk kesehatan kulit

Kulit mengandung banyak air dan berfungsi sebagai pondasi untuk mencegah tubuh agar tidak kehilangan terlalu banyak cairan. Saat kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi, maka kulit akan terlihat kering dan keriput.

Meningkatkan Metabolisme

Dalam keadaan perut yang kosong disarankan untuk meminum air putih terlebih dahulu, hal tersebut berguna untuk meningkatkan metabolisme kurang lebih sebanyak 24 persen. Metabolisme yang meningkat juga akan membantu sistem pencernaan yang lebih baik. Hal ini sangat bagus bagi Sahabat yang sedang menjalani program diet, agar nutrisinya lebih cepat terserap ke dalam tubuh dengan baik.

Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Faktanya 60 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Cairan tubuh memiliki andil penting dalam berbagai macam proses didalam tubuh, seperti pencernaan, penyerapan nutrisi, sirkulasi hingga mengkontrol suhu tubuh.

Membantu melumasi sendi

Sebagian besar tulang rawan di tubuh juga mengandung dari air. Tulang rawan berfungsi untuk menjadi bantalan pada persendian. Jika tubuh kekurangan cairan, maka tulang rawan dapat kehilangan kemampuannya dan membuat sendi-sendi di tubuh terasa nyeri.

Menyehatkan rongga mulut

Manfaat air bagi tubuh yang jarang diketahui ialah perannya untuk kesehatan gigi dan mulut. Cairan tubuh membantu pembentukan air liur di rongga mulut. Air liur memiliki fungsi yang sangat penting untuk kesehatan gigi dan mulut, karena komponen ini adalah pembersih alami rongga mulut.

Membantu menjaga tekanan darah

Air juga memiliki peranan penting dalam menjaga tekanan darah. Jika seseorang mengalami kekurangan cairan ataupun dehidrasi darah dalam tubuhnya dapat mengental. Hal tersebut akan berdampak buruh pada kesehatan, karena darah yang menggumpal akan menggangu jalannya aliran darah menjadi tidak lancar. Akibatnya, akan berdampak pada tekanan darah yang naik.

Baik untuk sistem sirkulasi tubuh

Air berguna untuk kelancaran sirkulasi darah di tubuh. Faktanya 90% kandungan dalam darah adalah air. Selain itu, air juga akan membantu mengeluarkan zat-zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh melalui keringat, urine, dan tinja.

Meningkatkan kinerja daya otak dan menyediakan energi

Otak manusia terdiri dari 73% air. Untuk menjalankan fungsi otak dengan baik, Sahabat harus memenuhi kebutuhan cairan harian. Manfaat air putih bagi otak akan membuat Sahabat lebih fokus, mudah berpikir, berkonsentrasi dan tetap dalam keadaan terjaga atau waspada.  

Mencegah dan mengatasi sakit kepala

Salah satu bahaya dehidrasi adalah sakit kepala. Menurut Europea Journal of Neurology, mengonsumsi air putih yang cukup akan membantu meredakan dehidrasi sehingga membantu mengurangi rasa sakit pada kepala.

Melancarkan pencernaan

Minum air putih di pagi hari dapat menjaga kesehatan pencernaan, khususnya usus besar. Minum air putih di pagi hari berdampak baik bagi usus besar karena dapat melakukan penyerapan nutrisi makanan dengan baik. Meminum air dalam keadaan perut kosong, dapat membantu memurnikan usus kembali dan membuatnya lebih mudah menyerap nutrisi makanan yang akan masuk. Dan manfaat lain dari minum air putih di pagi hari saat perut kosong juga membantu melancarkan BAB.

Membantu mencegah terbentuknya batu ginjal

Minum air putih, akan membuat urine terbentuk di ginjal. Aliran urine tersebut kemudian akan membantu melarutkan mineral di saluran kemih, dan mencegah terbentuknya batu ginjal.

Membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat air putih yang sudah banyak di ketahui adalah dapat menurunkan berat badan, tidak secara langsung dan drastis tetapi meminum air dalam jumlah yang cukup akan membantu meningkatkan proses metabolisme pada tubuh. Kebiasaan meminum air putih 1 gelas sebelum makan dan sesudah makan membuat rasa nafsu makan berkurang. Bisa juga dengan mencapur air putih hangat dengan sedikit perasan jeruk nipis yang ditambah madu yang diminum di pagi atau malam hari, juga dapat mempercepat proses penghancuran lemak pada tubuh, terutama di area perut.

Baik untuk sistem pernapasan

Saat mengalami dehidrasi, tubuh secara alami akan membatasi jalan napas untuk meminimalisir tubuh kehilangan cairan. Pada orang tertentu, kondisi ini dapat memperparah asma dan alergi.

Menghilangkan Mual Ibu Hamil

Pada masa awal kehamilan, kebanyakan ibu hamil akan merasakan mual. Sahabat dapat memberikan air putih hangat untuk membantu meredakan rasa mual yang terjadi.

Mengeluarkan Toksin di Dalam Tubuh

Manfaat air putih terakhir ialah dapat mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Toksin dihasilkan dari makanan atau minuman yang Sahabat konsumsi. Dengan meminum air putih dapat membantu mengeluarkan toksin – toksin dan zat – zat sisa yang ada di dalam tubuh. Toksin dan zat – zat sisa ini dikeluarkan melalui keringat atau urine dan tubuh dapat terhindar dari penyakit.

Photo : organicauthority.com