7 Jenis Tanaman Hias Buat Kamu Si Pemula!

Posted on Dibaca : 3

Hallo Sahabat Shimizu! Memiliki tanaman hias dirumah akan memberikan dampak positif dan memberikan energi tambahan untuk pemiliknya. Merawat tanaman memang bukan hal yang mudah. Tidak semua orang telaten dan sabar untuk melakukannya.

Untuk Sahabat yang baru akan memulai kegiatan berkebun, kalian bisa memulai dengan menanam tanaman hias dirumah. Merawat tanaman hias memang tidak mudah, Sahabat harus memahami letak pencahayaannya, tingkat kelembapan dan penempatan tanaman hiasnya. Berikut beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk pemula:

Spider Plant

Tanaman hias ini memiliki daun yang dapat tumbuh dengan sangat banyak seperti kaki laba – laba. Daun yang berbentuk memanjang dengan garis putih dibagian pinggirnya. Tanaman hias ini termasuk kedalam tanaman merambat, jadi dalam perawatannya Sahabat hanya perlu memotong daun – daunnya ketika sudah mulai memenuhi pot. Tanaman hias ini termasuk mudah dalam perawatannya, berikan pupuk dan air secukupnya jika berlebihan akan membuat daun spider plant mudah terbakar.

Bunga Melati

Bunga melati juga merupakan salah satu jenis tanaman hias yang mudah dirawat. Bunga melati juga tidak membutuhkan perawatan khusus dan tahan terhadap hama. Satu hal yang penting diperhatikan dalam menanam bunga melati ini yaitu pencahayaan yang cukup, wajib terpapar sinar matahari. Selain itu potong bunga atau daun – daun yang mulai menjalar kemana – kemana agar bunga tetap terlihat cantik dan rapih.

Lidah Mertua

Lidah mertua atau sansevieria dikenal dengan daunnya yang cenderung keras dan memiliki corak yang khas. Tanaman hias ini juga disebut snake plant, karena bentuk daunnya yang panjang seperti ular. Jenis tanaman hias ini tidak membutuhkan perawatan khusus dan cocok untuk pemula karena tidak membutuhkan banyak air dan minim cahaya, Sahabat bisa meletakan lidah mertua ini di dalam rumah.

Bunga Lavender

Beberapa tahun terakhir bunga lavender menjadi tanaman hias favorit warga Indonesia. Selain untuk mempercantik taman bunga lavender juga berguna untuk mengusir nyamuk. Jenis bunga ini juga terkadang digunakan untuk memasak. Bunga lavender juga akan memiliki manfaat lebih jika digunakan dalam keadaan sudah dikeringkan.

Sirih Gading

Tanaman hias yang paling populer dikalang pecinta tanaman hias ini merupakan jenis tanaman hias gantung dan merambat yang memiliki daun berwarna hijau dengan corak kuning yang sangat cantik. Tanaman hias sirih gading sangat cocok bagi kamu si pemula yang baru mulai berkebun. Karena perawatannya sangat mudah, Sahabat hanya perlu meletakannya pada pot atau keranjang kecil. Akar tanaman ini akan tetap tumbuh walaupun dengan disiram oleh segelas air.

Bambu Keberuntungan

Tanaman hias bambu keberuntungan termasuk dalam spesies draceana yang dapat tumbuh meskipun dengan sedikit air dan cahaya. Daya tarik dari jenis tanaman hias ini adalah karena tanaman bambu keberuntungan ini memiliki beragam bentuk, bahkan Sahabat bisa membentuknya sendiri. Sahabat bisa meletakan jenis tanaman hias ini di meja atau di lemari  

Bunga Tapak Dara

Memiliki bentuk yang tersusun menyirip berselingan berbentuk bulat seperti sebutir telur merupakan salah satu ciri khas dari tanaman hias bunga tapak dara. Jenis tanaman ini cocok hidup di daerah terbuka, tetapi bunga ini juga bisa tumbuh di daerah tertutup dan terlindungi. Bunga ini merupakan jenis tanaman hias yang mudah di rawat, Sahabat cukup memberi pupuk kemudian disiram dengan air, lakukan secara rutin maka bunga akan mekar dengan sendirinya.

Ketika tahap pertumbuhan bunga gunakan pupuk dengan kandungan nitrogen yang tinggi dan gunakan pupuk dengan kandungan fosfor ketika tanaman ini mulai berbunga. Ini disarankan agar merangsang pertumbuhan tanaman hias secara cepat dan lancar.

Photo: domakeover.com