6 Objek Wisata Wajib di Bangka Belitung

Posted on Dibaca : 6

Hallo Sahabat Shimizu!

Provinsi Bangka Belitung terdiri dari dua pulai yaitu Pulau Bangka dan Belitung. Pulau Bangka menduduki posisi ke sembilan untuk pulau – pulau terbesar di Indonesia. Sama seperti kembarannya Pulau Belitung yang sudah lebih dahulu terkenal, Pulau Bangka juga kaya akan pantai – pantai dan kawasan wisata yang cantik.

Memiliki iklim tropis dengan suhu rata – rata 24.9 °C sampai 29.9 °C, kawasan ini sangat cocok untuk berlibur di akhir pekan bersama keluarga ataupun teman – teman dekat. Memiliki banyak pilihan kawasan wisata, tidak hanya pantai – pantai yang cantik. Berikut beberapa objek wisata wajib ketika berkunjung ke Pulau Bangka Belitung:

Pulau Lengkuas

Satu dari ratusan Pulau di Pulau belitung, Pulau Lengkuas berlokasi di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang. Sahabat bisa menyewa perahu nelayan untuk bisa menuju pulau ini. Lama perjalan menuju pulau ini sekitar 20 menit dari Tanjung Kelayang dan sekitar 30 – 45 menit dari Tanjung Bunga.

Salah satu daya tarik Pulau Lengkuas karena terdapat mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda. Meski sudah berusia lebih dari 150 tahun, mercusuar ini masih berfungsi dengan baik dan kokoh berdiri.

Salah satu kegiatan yang bisa Sahabat lakukan di sekitar pulau ini adalah snorkeling dan menyelam, Sahabat akan disajikan dengan pemandangan bawah laut yang cantik. Pulau – pulau sekitarnya juga tidak kalah cantiknya untuk di kunjungi.

Pantai Tongaci

Pantai Tongaci merupakan tempat konservasi alam yang dibangun sebagai upaya untuk melindungi penyu dari kepunahan dan untuk sarana edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga alam. Di Pulau Tongaci terdapat kolam yang dibangun sebagai tempat konservasi penyu, spesies tukik jenis penyu hijau dan penyu sisik lah yang paling banyak di rawat disini.

Interior khas China akan menyambut Sahabat ketika pertama kali menuju kawasan Pantai Tongaci. Sahabat akan disajikan dengan pemandangan laut dan pasir yang cantik dan menawan. Menyuguhkan suasana jadul dengan adanya ornamen yang unik dan klasik. Selain pantai Sahabat juga bisa mengunjungi museum gallery, bermain olahraga air ataupun perpustakaan.

Gunung Menumbing

Selain pantai – pantai yang cantik Bangka Belintung juga memiliki pemandangan gunung yang cantik. Gunung dengan ketinggian sekitar 350 meter diatas permukaan laut ini merupakan tempat tinggal bagi Bung Karno dan Bung Hatta sekitar tahun 1948. Kaya akan nilai sejarahnya tempat ini masih memiliki bangunan – bangunan bersejarah yang masih sangat terawat hingga saat ini.

Salah satu bangunan tua yang masih ada ialah sebuah wisma yang pernah menjadi tempat bapak Proklamasi Indonesia singgah selama masa pengasingannya. Selain bangunannya yang sangat khas tempat ini juga memiliki banyak spot foto yang menarik dan instagramable.

Bangka Botanical Garden

Awalnya kawasan bangka botanical garden merupakan kawasan bekas galian tambang timah yang sudah tidak terpakai, sekarang kawasan ini diubah menjadi salah satu kawasan argowisata di Bangka yang cantik. Menghadirkan suasana sejuk alam sambil Sahabat bisa belajar mengenai peternakan, pertanian dan perikanan secara organik. Selain itu kawasan ini juga terdapat peternakan kuda sebagai edukasi bagi anak – anak. 

Pantai Parai Tenggiri

Berlokasi di Desa Sinar Biru, Kecamatan Sungai Liat Kabupaten Bangka Belitung. Pantai Parai Tenggiri menyuguhkan pesona alam yang sangat cantik, adanya gugusan batu karang berukuran besar dan pasir putih yang cantik. Memiliki kontur tanah yang landai, pepohonan yang rindang dan ombak yang relatif kecil menjadikan pantai ini sebagai destinasi favorite bagi wisatawan.

Jika Sahabat ingin menginap di pulau ini, mereka menyediakan penginapan dan hotel berbintang empat dan beberapa fasilitas yang bisa digunakan seperti perahu untuk memancing, banana boat dan alat selam untuk snorkling atau diving.

Pantai Pasir Padi

Berlokasi 7km dari kota Pangkal pinang, pantai ini menjadi pantai paling strategis yang bisa Sahabat kunjungi. Pantai ini juga memiliki lokasi yang cukup dekat dengan bandara udara tetapi pantai ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Sahabat bisa dengan mudah menemukan restoran mewah, hotel bintang lima, warung makan kaki lama dan hotel – hotel yang lebih terjangkau.

Tiket masuk ke pantai ini hanya 10.000 rupiah per orang. Pantai ini memiliki ke-khas-an pada bentuk pasirnya yang seperti bulir biji padi. Sama seperti kawasan pantai – pantai lainnya, Pantai Pasir Padi juga memiliki kecantikan alam yang menawan. Karena jaraknya yang tidak begitu jauh, pada hari libur kawasan ini bisa menjadi sangat ramai.

Photo: weddingforward.com