5 Resep Jus Untuk Detox Tubuh!

Posted on Dibaca : 4

Detox atau detoksifikasi adalah kegiatan membuang racun dari dalam tubuh. Racun – racun tersebut bisa berasa dari pengaruh lingkungan sekitar, seperti bahan kimia untuk industri, pestisida, zat adiktif, asap rokok ataupun polisi.

Ciri – ciri dari tubuh yang membutuhkan detox sudah mulai merasakan pusing yang tiba – tiba tanpa sebab, sakit punggung, daya ingat menurun, rambut mulai rontok, ataupun timbul alergi. Detox dilakuka untuk membersihkan tubuh dari racun dan membersihkan ginjal dan usus, karena organ inilah yang berfungsi mencerna racun dalam tubuh.

Proses detox memiliki banyak cara bisa dengan menjaga pola hidup, meminum suplemen ataupun vitamin, obat – obatan herbal, dan lain sebagainya. Detox juga berfungsi untuk memperbaiki fungsi hari, ginjal dan membersihkan darah. Selain itu detox juga bermanfaat untuk meningkatakan daya tahan tubuh, sistem hormonal dan mengurangi ketergantungan pada gula, kafein, nikotin ataupun alkohol.

Berikut beberapa jenis sayur dan buah yang bisa digunakan untuk detox tubuh:

Lantern Jus

Campuran antara seledri, apel, daun kale, peterseli, lemon, jahe dan sedikit madu. Jus ini kaya akan nutrisi penting seperti kalium, magnesium, zat besi dan fosfor. Campuran ini akan membuat tubuh lebih bersih dan segar.

Hawai Jus

Berisi campuran buah – buahan tropis jus ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membersihkan pencernaan. Buah – buahnnya terdiri dari kelapa, pepaya, nanas, kiwi dan juga jahe.

Margarita Jus

Campuran romaine lettuce, ketimun, cilantro, lemon dan nanas akan memberikan rasa yang segar dan menimbulkan rasa semangat. Memiliki serat dan nutrisi yang penting bagi tubuh kita.

Spring Blush

Jus ini bermanfaat untuk melembabkan dan menyehatkan kulit. Jus ini akan terasa lebih nikmat ketika disajikan dalam keadaan dingin. Jus ini terdiri dari strawberry, semangka, ketimun dan setangkai rosemary.

Red Jus

Campuran antara apel, lemon, strawberry dan wortel ini kaya akan serat dan vitamin C yang tinggi sehingga bagus untuk melancarkan pecernaan sekaligus meningkatkan imun tubuh.

Tropical Jus

Jus detox ini juga bermanfaat untuk melunturkan lemak – lemak didalam tubuh, jadi bagus dikonsumdi ketika sedang diet. Jus ini berisi campuran buah nanas, kiwi dan pepaya. Lebih nikmat dikonsumsi dalam keadaan dingin.

Banana Spinach Jus

Bahan utamanya adalah pisang dan bayam yang ditambahkan dengan nanas dan buah pir atau apel. Kaya akan serat jus ini akan membuat kenyang lebih lama, membersihkan pencernaan dan membantu pengeluaran racun lebih cepat.

Citrus Jus

Campuran antara jeruk nipis, jeruk bali, lemon dan ketimun ini memiliki kandungan vitamin C yang besar. Berguna untuk memperbaiki proses metabolisme, meningkatkan kekebalan imun dan mengoptimalkan proses detoksifikasi dalam tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi jus ini ketika perut tidak dalam keadaan kosong.

Photo : thegreenloot.com