5 Manfaat Kurma yang Wajib Kamu Tahu

Posted on Dibaca : 22

Hallo Sahabat Shimizu!

Siapa yang tidak kenal dengan buah kurma? Buah yang asalnya dari Negeri Arab ini memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan. Tapi tahukah Sahabat Shimizu ternyata buah ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita loh.

Buah kurma sendiri memiliki banyak jenis seperti kurma ajwa, kurma coklat, kurma muda, kurma date crown, kurma medjool, kurma sukari, kurma babari dan masih banyak jenis kurma lainnya. Jenis buah kurma inilah yang paling banyak di perjualbelikan di Indonesia.

Buah kurma mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Apalagi buah kurma yang dikeringkan, kurma yang dikeringan mengandung lebih banyak kalori yang berasal dari karbohidrat. Kandungan dalam buah kurma seperti vitamin, mineral dan juga serat.

Dengan macam kandungan dalam buah kurma, buah ini juga dipercaya dapat menangkal beberpa jenis penyakit seperti resiko usus besar, penyakir wasir, masalah pencernaan dan masih banyak lagi. Berikut beberapa manfaat yang akan dirasakan tubuh jika Sahabat Shimizu rutin mengonsumsi buah kurma:

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah kurma kaya akan vitamin dan mineral yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung loh Sahabat Shimizu. Kandungan magnesium dan kalium yang terdapat pada buah kurma dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjadikan tubuh lebih sehat. Selain itu terdapat kandungan serat yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Banyak ahli – ahli kesehatan yang merekomendasikan untuk memakan buah ini, setidaknya Sahabat Shimizu bisa mengonsumsi buah kurma 2 kali dalam seminggu untuk kesehatan jantung kalian Sahabat.

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Seperti yang sudah banyak diketahui buah kurma kaya akan kandungan seratnya. Serat ini sangat baik untuk menjaga saluran pencernaan dari gangguan sembelit. Selain itu buah kurma memiliki kandungan fenolik tinggi yang membantu membersihkan usus sehingga berpotensi menurunkan risiko terserang kanker usus.

Meringankan Proses Persalinan

Pengonsumsian buah kurma oleh ibu hamil dipercaya dapat meringankan proses persalinan nantinya. Mengonsumsi buah kurma diminggu – minggu akhir kehamilan akan mengurangi resiko persalinan dengan induksi. Buah kurma memiliki kandungan senyawa yang mengikat reseptor oksitosin dalam kurma yang dipercaya dapat memicu kontraksi ketika akan melahirkan. Selain itu juga senyawa tanin dalam kurma dapat membantu kontraksi secara alami.

Mencegah Anemia

Jika Sahabat Shimizu memiliki penyakit anemia mengonsumsi buah kurma bisa menjadi salah satu pengobatannya. Penyakit anemia ditandai dengan mudah sekali lelah dan kulit pucat hal ini dikarenakan tubuh kekurangan zat besi. Dengan mengonsumsi buah kurma dipercaya dapat mencegah anemia muncul, karena buah kurma kaya akan kandungan zat besi yang dapat dijadikan sumber zat besi bagi tubuh.

Mengurangi Resiko Diabetes

Buah kurma dikenal dengan rasanya yang manis, tetapi mengonsumsi buah kurma tidak akan langsung meningkatkan resiko Sahabat Shimizu terkena penyakit diabetes. Malah sebaliknya, kandungan serat yang dimiliki buah kurma akan mengurangi resiko penyakit diabetes.  Karena serat dicerna lebih lambat di dalam perut sehingga membantu tubuh lebih baik mengontrol kadar gula darah.

Nah itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi buah kurma. Buah ini memang terkenal khas dengan bulan suci Ramadhan. Tetapi Sahabat Shimizu bisa menemukan buah ini dibulan kapan saja tidak harus menunggu bulan suci Ramadhan itu tiba.

Photo: pinterest.com