5 Jenis Buah Segar Untuk Menurunkan Kolesterol!

Posted on Dibaca : 32

Hallo Sahabat Shimizu!

Taukah Sahabat kolesterol itu terdiri dari 2 jenis yaitu kolesterol baik dan buruk. Kolesterol baik berfungsi untuk membentuk dinding sel dan beberapa hormon. Tetapi jika jumlah berlebih makan kolesterol itu akan penyebabkan penyakit, ini yang dimaksud kolesterol buruk.

Kolesterol yang berlebih pada pembulu darah biasanya akan menyebabkan beberapa penyakit pada tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi disebabkan karena tingginya jumlah lemak dalam pembuluh darah. Ambang normal kolesterol aman pada tubuh yakni harus dibawah 200 mg/dl.

Untuk menjegah penyakit yang diakibatkan kolesterol yang berlebih dalam tubuh Sahabat bisa mengonsumsi obat – obatan dari dokter ataupun dengan cara tradisional dengan mengonsumsi minunam atau makasan sehat yang dapat mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Nah kali ini Shimizu akan berbagi beberapa jenis buah yang direkomendasikan untuk menurukan kolesterol.

Buah Alpukat

Jus alpukat merupakan salah satu jus yang paling banyak disukai. Selain mengenyangkan jus alpukat juga dipercaya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Sebuah studi mengatakan, buah alpukat terbukti mampu menurunkna kadar kolesteril jahat LDL dan trigliserida dalam darah. Dengan mengonsumsi buah alpukat secara rutin maka akan menurunkan kadar trigliserida dalam darah hingga 20 persen. Buah alpukat bisa Sahabat konsumsi secara langsung ataupun dibuat menjadi jus

Buah Berry

Jenis buah berikutnya adalah jenis buah berry – berryan seperti buah blueberry ataupun strawberry. Kedua jenis buah ini memiliki kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih pada tubuh. Dengan bentuknya yang mungkin Sahabat bisa mengonsumsi langsung, dibuat jus atau smooties hindari juga untuk menambahkan gula berlebih karena buahnya sudah memiliki pemanis alami.

Buah Belimbing

Buah berikutnya adalah belimbing. Buah yang kaya akan kandungan antioksidan yang tinggi dan kaya akan natrium serta vitamin C ini dipercaya dapat menurunkan koleterol berlebih didalam tubuh. Mengonsumsi buah belimbing secara teratur selain bisa menurunkan kadar kolesterol, dapat juga menurunkan berat badan loh!. Sahabat bisa menjadikan buah belimbing sebagai jus untuk dikonsumsi sehari – hari. Siapkan 1 buah belimbing, air temulawak 50 ml, air perasan jeruk lemon, madu dan es batu kemudian blender menjadi satu dan siap dikonsumsi.

Buah Apel

Kandungan zat pectin pada buah apel dipercaya dapat melancarkan pencernaan. Selain itu buah apel juga memiliki kandungan zat antioksidan yang dapat dijadikan penangkal radikal bebas dalam tubuh. Mengonsumsi buah apel juga bisa menurunkan zat kolesterol Sahabat!

Buah Anggur Buah terakhir adalah buah anggur. Buah yang kayak akan kandungan catechin ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikan kadar kolesteril baik dalam tubuh. Selain itu ada senyawa flavonoid yang mencegah terjadinya penggumpalan darah. Salah satu resep jus buah anggur untuk menurunkan kolesterol adalah campurkan buah anggur sebanyak 20 biji, madu, 50 ml air dan es batu. Sajikan dalam kondisi dingin.