5 Fakta Menarik Tentang Ikan Hiu Tutul!

Posted on Dibaca : 18

Hallo sahabat SHIMIZU!

Whale shark atau ikan hiu Tutul merupakan ikan terbesar di dunia. Memiliki ukuran panjang yang bisa mencapai belasan meter dengan bobot tubuhnya yang dapat mencapai berton – ton. Nama Tutul diberikan pada ikan terbesar ini karena merujuk pada bentuk ikan hiu ini yang lebih mirip dengan ikan Tutul. Tetapi berbeda dengan hiu kebanyakan, ikan hiu Tutul ini justru sangat jinak dan tidak agresif.

Sahabat bisa banget loh berenang bersama dengan ikan terbesar di dunia ini, karena memiliki sifat yang sangat jinak ikan satu ini dijuluki the gentle giant atau si raksasa yang lembut. Selain sifatnya yang satu ini ada banyak fakta menarik tentang ikan terbesar di dunia ini. Yuk simak ulasan berikut!

Ikan Terbesar Didunia

Seperti yang sudah di ketahui ikan hiu Tutul memang merupakan ikan terbesar di dunia. Ikan ini memiliki nama ilmiah Rhincodon Typus. Ikan Tutul memiliki panjang tubuh rata – rata 5.5 hingga 10 meter dan bisa tumbuh sepanjang 12 meter. Berat ikan ini juga bisa mencapai lebih dari 18 ton loh sahabat. Karena ukurannya yang sangat besar ini, ikan ini cenderung bergerak dengan lambat.

Tidak Mengigit Makanan

Ikan hiu dikenal sebagai ikan predator yang terbiasa mengejar dan mencabik – cabik mangsanya. Tetapi berbeda dengan ikan hiu Tutul, ikan yang satu ini memiliki ratusan gigi kecil nan tajam, dan mulutnya yang besar. Mulut ikan hiu Tutul bisa terbuka hingga 1.5 meter, walau begitu ikan hiu Tutul tidak pernah menggigit ataupun mengunyah makanannya.

Ikan hiu Tutul biasa mengkonsumsi hewan – hewan kecil. Dengan mulutnya yang besar mereka akan menelan berliter – liter air dan kemudian membiarkan tubuh mereka menyaring makanan yang berupa hewan – hewan kecil. Faktanya ikan hiu Tutul dapat memproses lebih dari 6000 liter air dalam kurun satu jam dengan insangnya.

Memiliki Pola yang Unik

Jenis ikan yang satu ini memiliki warna kulit abu – abu pada punggungnya dan warna putih di bagian bawahnya. Selain itu terdapat pola bintik – bintik ataupun belang yang biasanya berwarna putih di bagian punggungnya. Warna dan pola ini dapat memudahkan ikan hiu Tutul dalam berkamuflase di dalam laut.

Suka Tinggal Di Perairan Hangat

Untuk menemukan ikan hiu Tutul tidaklah susah, karena ikan raksasa yang satu ini bisa sahabat temui di hampir seluruh perairan laut di dunia. Ikan hiu Tutul lebih suka tinggal di perairan laut yang hangat. Setiap tahunnya ikan hiu Tutul juga selalu melakukan migrasi dari satu tempat ke tempat baru. Dalam sebuah penelitian mengatakan ikan hiu Tutul pernah menempuh jarak sejauh 8.000 mill atau sekitar 12.800 kilometer selama 37 bulan.

Raksasa Laut yang Berhati Lembut

Walaupun ikan hiu Tutul memiliki badan yang sangat besar, tetapi jenis ikan yang satu ini terbilang jinak dan tidak berbahaya loh. Dikutip dari National Geographic mengatakan bahwa ikan hiu Tutul ini tidak menunjukkan sikap agresif sama sekali ketika didekati. Ikan hiu Tutul memiliki pergerakan renang yang lambat, sehingga kamu dapat berenang berdampingan dengan ikan raksasa yang satu ini.

Nah sudah tau fakta menarik tentang ikan hiu Tutul nihh. Kalau sahabat ditawarkan untuk berenang bersama dengan ikan raksasa yang satu ini mau atau tidak? Untuk sahabat SHIMIZU jangan bersedih ikan hiu Tutul ada loh di Indonesia tepatnya Takabonerate – Sulawesi Selatan, Pulau Derawan – Kalimantan Timur, Laut Sawu – Nusa Tenggara Timur, Pulau Morotai – Halmahera, Teluk Cendrawasih- papua ataupun Pantai Botubarani – Gorontalo.