fbpx

5 Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat

Posted on Dibaca : 130

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat – Saluran air tersumbat memang hal yang menyebalkan. Pernah melihat air menggenang di kamar mandi dan tidak bisa masuk ke dalam pembuangan air? Hal itu bisa menjadi pertanda bahwa pipa saluran air kamu tersumbat. Jika tidak cepat diperbaikinya dan membiarkan air menggenang bisa menimbulkan perkara saluran air mampet dan membuat kamu kewalahan. 

Apalagi jika pipa saluran kamu sampai bocor! Hal ini akan menggangu aktivitas dan pasti mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, kamu harus memahami cara mengatasi pipa paralon tersumbat. Yuksimak beberapa cara yang bisa sahabat Shimizu coba nih.

Cara-cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat :

1. Soda Kue dan Cuka

Soda kue dan cuka adalah bahan-bahan rumahan yang memiliki banyak fungsi. Kamu dapat menggunakan keduanya untuk berbagai kebutuhan. Selain memasak soda kue dan cuka dapat dimanfaatkan untuk hal lain, seperti mengatasi WC mampet hingga mengatasi pipa air tersumbat.

Caranya adalah dengan mencampurkan soda kue dan cuka pada suatu wadah. Tuangkan air panas secukupnya ke dalam wadah tersebut, lalu tutup ujung pipa menggunakan karet penutup atau alternatif penutup lainnya dan masukkan satu sendok campuran soda kue yang sudah dibuat ke dalam pipa dan tunggu beberapa menit agar campuran tersebut dapat bekerja dengan baik. Selanjutnya, buka penutup ujung pipa, tuangkan kembali campuran tersebut ke dalam pipa secukupnya. Jika bunyi buih dalam pipa menghilang, tuangkan air panas untuk membilas pipa. 

2. Minuman Bersoda

Siapkan 2 liter minuman bersoda apa pun dan tuangkanlah ke dalam pipa yang tersumbat. Biarkan pipa tersebut selama 2 jam. Jika sudah, bilas pipa menggunakan air biasa hingga terlihat kotoran keluar.

3. Sabun Cuci Piring

Serupa dengan soda kue, sabun cuci piring adalah salah satu bahan rumahan yang memiliki banyak fungsi. Anda dapat menggunakannya untuk kebutuhan seperti menghilangkan karat pada besi hingga mengatasi pipa air yang macet.

Kamu pasti memiliki sabun cuci piring di rumah. Larutkan sabun cuci piring dengan air. Lalu masukkan larutan tersebut ke dalam pipa yang tersumbat. Tunggu beberapa menit, kemudian Anda dapat membilasnya dengan air panas agar kotoran yang menyumbat dapat keluar.

4. Soda Api

Soda api memiliki kandungan kimia yang dapat menghancurkan kotoran. Sebelum menggunakannya, pastikan kamu menggunakan sarung tangan dan masker wajah untuk menghindari efek reaksi soda api. Penggunaannya mudah, tuangkan soda api ke dalam pipa yang tersumbat, lalu lanjut tuangkan air panas ke dalam pipa tersebut. Tunggu 5-6 jam. Jika sudah, siram pipa dengan air hingga kotoran keluar. 

5. Kabel Auger

Kabel auger adalah kabel yang biasanya digunakan untuk mengeluarkan kotoran yang menyumbat pipa. Kamu dapat menemukan kabel ini di toko bangunan atau membelinya di online shop. Penggunaannya mudah, masukkan kabel auger tersebut ke dalam pipa lalu dorong kabel, ,putar dan tarik hingga kabel keluar dari pipa. Ulangi proses ini hingga semua kotoran yang menyumbat keluar. 

Itulah 5 cara mengatasi pipa paralon tersumbat paling efektif.